Day 30: Cukup Puas

apa yang saya rasakan selama menulis? banyak.

dari menulis saya bisa merasakan sedih dan berusaha mencari cara untuk menyampaikannya. saya bisa merasakan bahagia dan berusaha mencari padanan kata untuk disandingkan dengannya. saya bisa merasakan getir, cemas, ragu, harap, dan berusaha semampunya untuk bisa mengungkapkannya dengan jelas.

dari menulis saya bisa bercerita dengan lebih lugas. belajar untuk terus membaca, mencari kosakata baru, bolak-balik membuka kamus bahasa indonesia-inggris untuk sebisa mungkin tidak menggunakan kata-kata dari bahasa asing. saya memang berusaha cukup keras untuk membuat tulisan dengan bahasa indonesia seutuhnya. tapi masih sulit.

sebagai perangkai kata, bisa mendapatkan kalimat yang tepat dan jelas untuk menjelaskan apa yang sedang saya rasakan adalah sebuah kepuasan tersendiri. mendapatkan metafora yang bisa digunakan dalam satu paragraf juga jadi kebanggaan tersendiri. saya masih belajar. saya masih berusaha.

meskipun proyek menulis selama tiga puluh hari tanpa jeda ini tidak sempurna karena saya masih sering bolos menulis dan merilisnya di satu waktu. tapi berhasil menyelesaikan tantangan ini cukup memantik kembali semangat menulis di blog ini.

apa yang saya rasakan selama menulis, semoga bisa tersampaikan ke para pembaca sekalian. terima kasih untuk teman-teman yang sudah mengikuti proyek ini. sehat selalu, tetaplah kunjungi blog ini :p

(30 days writing challenge. Day 30: Write about what do you feel when you write)

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s