2020: Kilas Balik

tahun keparat.

tadinya saya pikir di tahun ini akan banyak cerita yang bisa disampaikan. dari mulai hammersonic festival, synchronize festival, rangkaian konser, tempat yang ingin dikunjungi, rencana-rencana yang sudah disusun rapi. namun, semesta berkata lain. saya sampai perlu melihat kumpulan gambar dalam folder google photos untuk tahu apa saja yang terjadi sepanjang tahun ini.

hasilnya? sebagian besar hari di tahun 2020 ini adalah bekerja. tidak banyak foto yang saya ambil lewat kamera ponsel saya, isinya hanya gambar-gambar yang dikirim dari grup whatsapp kantor. runyam sekali hidup ini rasanya.

bagaimana tidak runyam, tahun ini semua orang dipaksa untuk mengubah kebiasaannya, semua orang dipaksa untuk beradaptasi dengan cepat, semua orang bingung, semua kocar-kacir, semua kacau karena satu hal. mothrfckr corona!

tahun ini kita semua dipaksa untuk menatap layar lebih lama dari biasanya, kita semua dipaksa berkegiatan lebih sedikit dari biasanya, kita semua dipaksa untuk bersabar dan berharap. tanpa tahu apa yang disabarkan dan apa yang diharapkan.

mungkin kita semua dipaksa bersabar dan berharap untuk kehidupan yang lebih baik, tapi siapa yang bisa memastikan kalau itu tujuannya? tidak ada. tidak ada kepastian.

baik, sudah cukup berkeluh kesahnya. mari masuk ke sesi bersyukur.

tahun ini adalah tahun terbaik untuk belajar. belajar introspeksi, belajar melihat kesempatan, belajar mencari peluang, belajar bersabar. sekali lagi, belajar bersabar.

katanya, sabar ada batasnya. mari kita lihat apakah 2021 akan melampaui batas kita semua. mari kita saksikan.

selamat tahun baru, semuanya!

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s