Kompromi

Karena basis dari hidup dewasa adalah toleransi dan kompromi. Berapa banyak kamu bisa mentolerir suatu hal? Berapa banyak kompromi yang sudah kamu lakukan?

 

Berapa kali kamu beradu pendapat tentang bagaimana seharusnya seporsi bubur ayam dinikmati? Dibiarkannya mahakarya sang tukang bubur tersaji seperti selayaknya karya seni, atau dicampur agar semua bahan bakunya merata sempurna? Berapa kali kamu berbeda paham dan terbagi antara tim mie instan kuah atau tim mie instan goreng?

 

Kompromi itu berat, aku sepakat. Toleransi perlu jiwa besar dan hati yang lapang. Aku sepenuh hati tidak menentang.

 

Di momen tertentu dalam hidupmu, entah kapan. Mungkin sudah berlalu, atau baru akan menemuinya. Suatu saat nanti, akan ada masanya kamu bertemu dengan seseorang, tertarik untuk tahu lebih jauh, dan mencoba untuk menyamakan rasa.

 

Kamu yang ekspresif, aku yang pendiam. Kamu yang penuh spontanitas, aku yang teratur dan penuh perhitungan. Kamu yang mendobrak aturan, dan aku yang selalu berusaha taat dan menuruti semua himbauan.

 

Suatu saat nanti kita akan mencoba untuk bicara di tempo yang sama, tertawa di nada yang sama, berpikir di pola yang sama, berbagi napas dengan ritme yang sama, berjalan dengan langkah yang sama. Tanpa sadar. Dengan dasar.

 

Suatu saat nanti kamu akan mencoba lebih menahan diri dan aku yang lebih sering menunjukkan ekspresi. Kamu akan mencoba lebih tenang dan aku yang bertindak tanpa aturan.

 

Sampai nanti kita berdua lelah, semakin menjauh dari titik tengah yang coba kita capai. Sampai nanti kita berdua berpikir untuk tidak mencoba mencari apapun yang membuat kita sama.

 

Sampai nanti kita akan tetap ada di frekuensi masing-masing. Tapi kita tetap bisa saling berpegangan tangan dan berjalan menuju arah yang sama.

 

Sampai nanti kita berdua tanpa tendensi apa-apa bisa saling benar-benar berkata;

 

“aku cinta kamu apa adanya”

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s