Day 2: Sederhana Saja

pertanyaan pertama adalah, apa itu bahagia? banyak definisi yang bisa didapat dari satu kata tersebut. setiap orang pasti punya pengertian mereka sendiri tentang apa arti bahagia. mungkin bagi beberapa orang, punya uang banyak bisa membuat bahagia. punya keluarga yang harmonis bisa membuat bahagia. masak indomie yang matangnya pas bisa membuat bahagia.

buat saya sendiri, bahagia itu artinya hati saya senang (tolonglah mz, kami tidak perlu infomasi sedemikian)

namun tujuan tulisan ini bukan untuk menjawab arti bahagia itu sendiri. tapi apa yang bisa bikin saya bahagia? apa? apa ya? saya tipe pribadi yang cukup mudah senang, dan cukup mudah puas. tidak sulit untuk membuat saya bahagia. hmmm, ya mudah juga sih untuk membuat saya kesal, tapi itu jarang. tingkat kesabaran saya cukup tinggi. oke, cukup melanturnya, kembalilah pada pokok masalah.

bahagia saya cukup sederhana. minum kopi enak bikin hati saya bahagia. dengar musik bagus bikin hati saya bahagia. menonton konser band kesukaan bikin hati saya bahagia. dikasih makanan gratis bikin saya bahagia. masih punya rokok untuk dibakar bikin hati saya bahagia. baca buku yang ceritanya seru bikin hati saya bahagia. minum (sedikit) alkohol bikin hati saya bahagia. melihat wajah mbaknya juga bikin hati saya bahagia.

tapi kalau ditanya apa sih yang paling bikin saya bahagia? saya bisa bilang melihat keluarga saya tersenyum adalah hal yang paling bikin hati saya bahagia. melihat bapak sehat-sehat saja, kulkas dan lemari makanan di rumah penuh dengan isi, pompa air di rumah masih bisa berfungsi dengan baik, suara alarm meteran listrik yang tidak berbunyi terlalu lama, galon air yang selalu terisi, semua kebutuhan rumah tangga yang selalu saya usahakan untuk bisa terpenuhi.

saya cukup paham kalau bahagia saya ada di kebahagiaan orang lain. saya tahu persis kalau saya tidak boleh terlalu egois dan selalu mementingkan urusan diri sendiri. saya masih belajar untuk itu.

dan yang terakhir, saya bahagia kalau ada orang yang percaya untuk menceritakan hal-hal paling pribadinya pada saya. karena dari situ saya tahu kalau saya adalah orang yang mereka percaya, dan mereka tahu kalau saya cukup bisa dipercaya. jadi, ada cerita apa dari kamu untuk saya hari ini?

(30 days writing challenge. Day 2: Things that makes you happy)

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s