Study Tour (Bagian 2)

baik, bapak ibu dan saudara saudari sekaligus. sudah cukup istirahatnya? bisa kita lanjut lagi?

 

selagi kita ada di pinggang, bisa anda sekalian perhatikan, pinggang ini hampir sama kondisinya dengan pundak, bahu, dan lengan atas. amat sangat berdebu karena sudah lama sekali tidak ada lengan yang melingkar di sana. tidak perlu sedih, bapak ibu sekalian. memang sudah takdirnya begitu. biar saja.

 

mari kita pindah ke bagian bawah pinggang. ini adalah bagian yang penuh kerja keras. compang-camping tidak keruan sekali memang keadaannya. sungguh memprihatinkan. seandainya bagian ini tidak mempunyai fungsi lain, mungkin kondisinya sudah berkarat tidak terpakai. menggantung begitu saja tanpa ada nilai estetiknya sama sekali. silakan, ini ada tisu apabila bapak ibu sekalian ingin menyeka air mata kepedihan.

 

kita langsung saja ke ruangan paling bawah dan sekaligus bagian terakhir dari rangkaian tur ini. ada sepasang kaki yang setiap langkahnya terasa berat. tiap jejaknya tidak berbekas, dan hanya berjalan sendirian. masih menunggu ada sepasang kaki lain yang bisa sejajar dan seirama geraknya. tapi sepertinya tidak dalam waktu dekat ini. atau belum tentu dalam kurun waktu yang lebih lama lagi. kita serahkan saja semuanya pada yang maha rencana.

 

yak, tur kali ini sudah selesai. saya harap para hadirin sekalian bisa mengambil sedikit hikmah dari sekian banyak cerita yang sudah saya sampaikan. meskipun saya sendiri agak sangsi apakah ada pesan moral yang bisa didapat dari tur ini. semua saya serahkan kembali pada anda.

 

apabila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai lelaki ini, lebih baik tidak usah disampaikan. percuma saja, ia tidak akan menghiraukan apapun yang akan anda sampaikan. agak bebal memang. mau bagaimana lagi? kita tidak bisa berbuat apa-apa.

 

baik, terima kasih atas segala atensi pada hadirin sekalian. sampai jumpa di tur berikutnya apabila ada kesempatan. salam sayang untuk keluarga anda. salam manis untuk perempuan berkacamata dan bergigi kelinci serta lesung pipinya yang amat menarik perhatian saya dari tadi, hampir saja fokus saya hilang. untung saya jago.

 

selamat malam, semoga semua sehat dan senantiasa bahagia!

 

(97/365)

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s