Day 6: Lajang? Bahagia?

menjadi lajang, status yang sudah saya sandang semenjak lebih dari 10 tahun lalu, sama sekali tidak membuat dunia saya berhenti berputar. bahkan rasanya menjadi seorang lajang lah yang membuat roda hidup saya bergulir terus.

saya sampai lupa bagaimana rasanya menjalani hidup berpasangan. bagaimana bahagianya memiliki seseorang yang bisa diajak bicara hal-hal paling pribadi, melakukan hal-hal bodoh bersama, menyusuri jalan-jalan yang belum pernah dilewati. kegiatan-kegiatan seperti itu yang sekarang lebih sering saya lakukan bersama teman-teman.

kalau begitu, bagaimana caranya melajang namun tetap bahagia? mungkin pertanyaan yang seharusnya adalah kenapa kamu berpikir kalau seorang lajang itu selalu bernasib mengenaskan? apa yang salah dari melajang? apakah karena konstruksi sosial yang selama ini sudah terbangun mengharuskan kita semua untuk hidup berpasang-pasangan?

lalu kenapa selalu harus menyandarkan kebahagiaanmu pada orang lain? bagi saya, sendiri atau bersama, bahagia itu harus selalu bisa diwujudkan, bagaimana pun caranya. saya belajar untuk nantinya bisa bahagia bersama seseorang. tapi saya juga harus bisa belajar untuk bisa mencari kebahagiaan sendiri.

karena seperti yang saya percayai, mempersilakan seseorang masuk ke dalam hidupmu berarti memperkecil ruang kebahagiaan yang sudah kamu atur sendiri. artinya untuk bisa bersama orang lain, diperlukan adanya kompromi. saya? bisa saja. namun pasangan saya? apa bisa berkompromi dengan kelakuan saya yang amoral, bejat, tidak bisa diatur, dan sering melakukan hal yang merugikan dirinya sendiri ini?

maka dari itu, selagi lajang, inilah saatnya saya untuk melakukan hal-hal yang sekiranya tidak akan dapat saya lakukan saat nanti tiba waktunya untuk berpasangan. membuat zine, bikin tato, berkendara malam hari, merokok sambil memandangi bintang, berdiam diri seharian, tidur siang tanpa batas waktu, apapun kegiatan yang sekiranya nanti pasangan saya akan berkata “KAMU NGAPAIN SIH? KEGIATANNYA YANG POSITIF KEK!”

jadi, untuk sekarang. saya lajang, dan saya bahagia. 🙂

(30 days writing challenge. Day 6: Single and happy)

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s