Ruang Berpikir

dari sekian banyak tempat yang ada di bumi ini, entah mengapa toilet adalah tempat terbaik untuk memikirkan banyak hal. mungkin ada beberapa alasan yang bisa aku jabarkan sebagai berikut:

1. toilet (yang ukurannya sangat kecil) punya batas yang terlihat. tembok depan-belakang-kiri-kanan-atas-bawah. satu tempat tertutup di mana ide atau pikiran kita akan memantul kembali lebih cepat dari ruang besar seperti alam bebas. ya, mungkin ketika berpikir dalam ruang bebas, akan ada lebih banyak ide yang liar. tapi dalam ruang sempit, ide tidak punya banyak kesempatan untuk menguap. ia menunggu untuk ditangkap segera. ia akan memantul terus sampai kembali ke dalam kepala kita untuk direalisasikan.

2. dopamin lebih mudah lepas di dalam toilet. dopamin penting untuk mengatur emosi dan memunculkan kreativitas, dan itu bisa dilepaskan dalam kondisi rileks. saat berada dalam toilet (yang nyaman dan kamu percayai tentu saja) badanmu akan merasa nyaman dan dopamin akan terlepas dengan sukarela. ditambah nikotin untuk mengubah fungsi otak dan tubuh sehingga memaksa kepala bekerja, maka toilet menjadi tempat nyaman terbaik.

3. bisa telanjang juga buatku adalah satu alasan mengapa toilet sebagai ruang paling privat (paling tidak dalam rumah atau kamar kos. waspada dengan toilet umum kalau kamu ingin telanjang di sana) mampu membantu mengeluarkan ide dan pikiran terbaik.

untuk poin ketiga, aku yakin bukan hanya aku saja yang merasa ketika telanjang, maka tubuh akan terasa lebih rileks dari biasanya.

apa? hanya aku saja? sial!

#30haribercerita #24

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s