All The Question Being Answered

beberapa waktu lalu saya mempersilakan teman-teman instagram untuk bertanya hal apapun untuk lebih mengenal saya. pilihannya ada 30 pertanyaan namun beberapa memilih untuk mengajukan pertanyaan terbuka. karena kebetulan saat itu saya sedang cukup banyak waktu luang, maka saya berikan beberapa jawaban panjang. berikut rangkumannya.

  • RELATIONSHIP STATUS?

jadi gua terakhir menjalin hubungan itu di rentang 2006-2009. masa-masa yang cukup menyenangkan buat gua.

tapi selepas itu, gua belum lagi tertarik untuk melibatkan hati gua dalam urusan tetek-bengek relasi dua pihak yang kayaknya cuma bakal bikin gua dan dia sama-sama repot. atau mungkin karena emang karena belum ada aja yang “klik” di antara beberapa perempuan yang gua pernah dekati.

kebanyakan gagal di guanya yang teralihkan perhatiannya, atau dianya yang kehilangan ketertarikan sama gua.

jadi sampai detik ini gua masih single, but emotionally unavailable. kalo physically sih, ehehe.

  • UNPOPULAR OPINION?

gua ga tau ini masuk dalam kategori opini tidak populer atau malah opini gua sama aja kayak orang kebanyakan.

tapi menurut gua indomi goreng pake kuah itu enak banget. komposisi bumbu dan minyak indomi goreng sebenernya tepat untuk disajikan dengan kuah. tapi menurut sebagian orang hal demikian itu aneh.

tapi ada beberapa orang yang sepakat dengan opini gua soal itu, jadi ga tau deh ini masuknya opini populer apa ngga.

  • APA KABAR WAHAI APLIKASI BUMBLEMU?

gua ga pernah, atau mungkin belum aja kali ya. berhasil dalam aplikasi kencan daring kayak ginian.

buat gua kenalan konvensional lebih berkesan, karena lu akan tau secara langsung seperti apa pribadi orang yang lu temuin.

karena kemungkinan besar kalo orang tertarik setelah ketemu gua secara langsung, selanjutnya akan berjalan lebih baik daripada kenalan daring.

  • FIRST KISS?

gua lupa tepatnya kapan, tapi itu ada di rentang waktu 2006-2009, di hubungan terakhir gua.

ceritanya kita habis jalan bareng. gua anterin dia balik, tapi ga sampe depan rumahnya karena kita pacaran tanpa sepengetahuan keluarga masing-masing (atau lebih sering disebut backstreet)

waktu itu jam 9 atau 10 malem gua lupa. pokoknya cukup larut lah (pada jaman itu). dia turun dari motor, gua copot helmnya, gua copot helm gua, terus ngobrol sebentar.

setelah selesai ngobrol, dia udah mulai balik badan dan jalan pulang, gua tarik tangannya dan langsung gua cium pipinya (lebih tepatnya ngecup sih). dan itu adalah momen deg-degan yang bikin dengkul gua ampe geter setelahnya.

dia keliatan kaget tapi langsung bales ngecup pipi gua, abis itu dia balik badan dan beneran jalan pulang. gua? senyum-senyum laaah.

(culun ya? emang kalian berharap apa sih?)

  • DREAM JOB?

sampe titik ini jujur aja gua ga tau pekerjaan impian gua tuh ngapain.

sempet kepikiran buat jadi pilot biar bisa terbang ke mana-mana, tapi dihadapkan oleh fakta kalo ada orang yang liburan ke mana-mana tapi dibayar untuk itu (lah, lebih enak).

terus sempet pengen punya kerjaan yang bener-bener ngebosenin yang sertiap hari kerjanya cuma itu-itu aja. misalnya jadi tukang lipet kerdus katering.

tapi kalo boleh milih kerjaan impian gua apa? gua mau jadi temen cerita buat orang-orang yang perlu tempat untuk ngeluarin isi kepalanya tanpa ragu-ragu.

  • ARTI USERNAME?

dengan penuh kejujuran dan tanpa tedeng aling-aling, username gua yang sama di semua platform ini sama sekali ga ada artinya.

Tapi kalo pertanyaannya kenapa username itu yang gua pilih, dan kenapa ga ganti dengan yang lebih bermakna aja sih? penjelasannya begini:

waktu awal sekolah, gua ga punya nama alias. semua orang manggil gua ya dengan nama rumah gua, aji.

di kelas 2 smp baru mulai kepikiran buat cari nama alias biar berasa penting aja. padahal mah ngga juga.

singkat cerita, ada beberapa panggilan dari mulai “ujuy”, “ajoy”, “ujoy”, “ajay”, dll. lalu demi mematenkan nama alias gua, maka gua putuskan saat itu nama alias gua adalah “UJOY”

terus biar agak keren gua tiap nulis nama pake “joey”. pertama karena gua suka joey ‘slipknot’ jordison, kedua karena nama joey itu unisex, cewe cowo bisa pake.

lalu gua pake username “joey” untuk di dunia maya. tapi kok kayak perlu tambahan lagi ya. akhirnya gua panjangin aja jadi “joeyaholic”. sempet juga nulisnya begini nih: “joe@holic” aneh banget gua.

dan karena gua ga pernah nemu ada joeyaholic lainnya, yaudah berarti kan nama gua cukup unik. pake aja terus, hehehe.

  • ADDICTION?

ga pernah punya adiksi sampe yang bikin ketergantungan banget sih.

tapi untuk saat ini kayanya bisa dibilang adiksi dan distraksi gua yang paling kuat adalah internet. terutama sosial media.

kebutuhan akan informasi cepat yang bisa gua dapatkan cukup bikin gua, yaaa boleh dibilang lumayan ketergantungan.

emang sialan internet, gua bisa sampe bela-belain ga beli makan asal bisa beli kuota internet. segitunya.

  • LONGEST RELATIONSHIP?

paling lama ya 3 tahun itu, yang terakhir.

pacaran dari lulus sma sampe gua kelar kuliah. sebenernya lama hubungannya agak bias sih.

mungkin durasinya lebih lama dari itu, tapi sisanya ga gua itung karena emang di akhir hubungan, kerjaan gua ya cuma nemenin dia beresin kuliahnya aja. guanya juga lagi sibuk-sibuknya kerja jadi ga nemu lagi aja sensasi pacarannya.

ya gitu lah, 3 taunan paling lama.

  • EVER LOST SOMEONE?

gua pernah kehilangan seseorang yang gua akui alasannya memang karena kebodohan gua sendiri.

kita sebut saja dia “mbaknya”. mbaknya ini cuek tapi perhatian. slebor tapi anggun. kalem tapi mematikan.

mbaknya ini adalah alasan kenapa gua akhirnya bisa membedakan mana suka, mana nafsu, mana cinta, mana obsesi.

suatu hari gua pernah bilang ke seseorang “I’m gonna score her”, tapi akhirnya kalimat itu berubah jadi “no. i don’t wanna score her. i wanna be with her.”

alasannya karena di satu email blast kantor, mbaknya menganalogikan barang di kulkas dengan duo favorit gua “the moldy peaches” DAAAAMN, GIRL!

tapi karena kebodohan gua, mbaknya merasa kalo gua cukup creepy dan memutuskan untuk menjauhi gua for good.

fakk~

  • INVISIBLE ABIS ITU DIEM, ATAU BERSUARA DI DUNIA YANG GA PEDULI SUARA LU?

diem aja gua sih kalo gitu. ngapain juga bersuara di ekosistem yang ga peduli sama lu.

bagian invisiblenya mungkin bisa gua manfaatin buat gua bisa nyari tau hal-hal yang orang lain ga tau. masuk ke gudang arsip nasional, istana kepresidenan, nyari tau apa beneran Indonesia tuh punya harta karun yang bisa beli satu dunia.

kek gitu-gitu lah.

  • ANDA KAN PENDENGAR YANG BAIK, ADA GA PENDENGAR YANG BAIK JUGA BUAT CERITA ANDA?

ga sesempurna itu, tapi gua tau ke mana gua perlu cerita kalo gua perlu ngeluarin isi kepala gua yang amburadul ini.

meskipun gua sama dia lebih sering beda pendapatnya dibanding setujunya, tapi orang ini selalu bisa jadi teman debat yang menyenangkan.

selalu nyusahin gua tapi ga pernah nolak kalo mau gua susahin.

  • PERNAH GA PENASARAN WAKTU MATI SIAPA AJA YANG BAKAL NANGIS ATAU KEHILANGAN?

penasaran sih, tapi kadang kepikirannya apa ada yang bakal nangis kalo gua mati nanti? lagian emang selama apa sih orang bakal kehilangan kalo gua mati?

yang berasa kehilangan ya paling keluarga. temen-temen mah paling tiga hari gua mati udah ilang dari pikiran mereka.

paling juga tiap taun diingetnya. itu juga yang ngingetin sosmed karena mereka ngepost duka cita buat gua pas mati.

makanya mati mah mati aja udah.

  • PERNAH GA NGERASA “SEBENERNYA GUA DIBUTUHIN DI DUNIA BUAT APA?”

sayangnya ngga.

padahal kalo gua ngabisin lebih banyak waktu buat mikirin itu, mungkin gua akan berusaha buat bikin sesuatu yang berguna buat dunia ini.

tapi ngga ternyata. gua lebih sibuk mikirin gua mau apa ya besok? gua mau ngapain ya nanti? mending pake kaos item gambar apa ya hari ini?

mungkin, gua ada di dunia ini buat ngisi kuota jumlah penduduk aja biar semesta bisa ngirim report tiap bulan.

  • GIMANA KALO SAAT ANDA TUA SEMUA ORANG GA INGET SEMUA LEGACY ATAU JASA ANDA TERHADAP SESUATU?

ya gapapa, mungkin emang fungsi gua dalam masyarakat adalah sebagai orang yang ada buat ngisi bangku kosong aja.

masalah ada yang inget soal jasa gua apa ngga, ya itu urusan nanti aja. diinget sukur, ngga yaudah.

lagian emang lu inget siapa penemu payung? jasanya gede tuh. ga ada yang pernah ngasih penghargaan juga ke dia. keluarganya protes ga? ngga juga.

yang penting jadi orang yang ngga ngerepotin orang lain aja, sukur-sukur bisa jadi berkat.

  • BAGAIMANA JIKA KELUARGA ANDA BUTUH BANTUAN, TAPI HARUS MENGORBANKAN ANDA, DAN ANDA TIDAK TEGA MEMBERI TAHU YANG SEBENARNYA?

ini gimane dah pertanyaanya? gua jawab senangkepnya aja ya.

kalo misalnya keluarga gua perlu bantuan, tapi cara nyelesainnya adalah dengan mengorbankan gua, apakah gua harus ngasih tau? gitu kali ya?

jawaban gua adalah; biar aja keluarga gua ga tau asal masalahnya selesai. biar gua yang jadi martir asal keluarga gua ga kesusahan.

masalah nantinya gimana, ya gimana nanti aja udah, ehehe.

  • BAGAIMANA JIKA ORANG TERDEKAT ANDA BEREKSPEKTASI HAL YANG BUKAN ANDA, DAN ORANG ITU SISA WAKTUNYA CUMA SEBENTAR.

kalo emang waktunya beneran cuma sebentar, kayaknya jawabannya gampang ya, turutin aja.

tapi kalo orang terdekat gua berekspektasi agar gua melakukan hal yang bukan gua, dan gua lakukan itu, berarti orang itu bukan orang terdekat gua.

karena gua cuma jadi orang yang bukan gua saat gua ga nyaman sama orang itu.

saat orang udah bisa menerima gua tanpa perlu berekspektasi gua untuk jadi hal yang mereka inginkan, itulah tandanya mereka adalah orang terdekat gua.

  • GIMANA KALO DIKASIH PILIHAN NGAKTIFIN 40% KEMAMPUAN OTAK, TAPI SISI EMOSIONALNYA HILANG, ATAU SEBALIKNYA?

oke, gua akan gunakan 40% kemampuan otak gua buat bisa baca pikiran orang aja.

gapapa ga punya sisi emosional. biarin gua jadi bad guy, tapi lu semua takut sama gua dan lu ga bisa seenaknya sama gua karena gua tau apa isi otak lu!

MUAHAHAHAHAHA.

  • MULAI HIDUP BARU TAPI SEJARAHNYA HILANG, ATAU KE MASA LALU TAPI KE DEPANNYA TETEP GA BISA JADI LEBIH BAIK?

jujur aja gua sih lebih tertarik sama masa lalu dibanding masa depan. karena menurut gua masa lalu adalah tempat di mana semua kesalahan ada. sedangkan masa depan adalah tempat di mana semua kemungkinan ada.

gua sih lebih milih bisa balik ke masa lalu meskipun keadaannya ga akan berubah. karena paling ngga gua udah tau apa yang bakal kejadian, jadi gua udah bisa mempersiapkan diri gua.

  • BAGAIMANA MENURUT ANDA JIKA DI DUNIA GA ADA WAKTU TAPI MANUSIA JUGA DILAHIRIN GA BOLEH PUNYA CITA-CITA?

pertanyaan ini ga ada korelasinya sebenernya, tapi coba gua jawab.

gimana kalo ga ada waktu di dunia ini?

sebenernya dulu juga orang ga kenal yang namanya waktu, pada akhirnya waktu itu kan didefinisikan dan disepakati oleh banyak pihak. yang mana tetep aja ada beberapa yang punya definisi waktu mereka sendiri.

jadi kalo ga ada waktu, ya gapapa. lain kali aja, santai sama gua mah.

kalo masalah manusia dilahirin tapi ga boleh punya cita-cita. ya sebenernya cita-cita itu kan keinginan. bisa atau ngganya lu capai, itu baru masalah. lagian ngapain sih ngelarang-larang? aneh banget.

  • GIMANA PERASAAN ANDA KALO ANDA PENGEN BANGET BANTU SESEORANG, TAPI ANDA GA BISA NGELAKUIN APA-APA?

ga gimana-gimana.

ya orang ga bisa mau gimana lagi emang?

aneh banget lu.

  • GIMANA KALO ANDA MEMBANTU ORANG 100 KALI, TAPI 100-100NYA MALAH JADI HAL YANG KURANG BAIK?

kayanya cukup sering nih kejadian kaya gini. gua niatnya apa, eh jadinya apa.

ya, namanya juga manusia cuma bisa berusaha. hasilnya mah balik lagi ditentukan oleh sistem probabilitas. mungkin berhasil, mungkin gagal.

tapi kalo dari 100 hit, gua missed 100, apa menurut lu gua akan berhenti buat ambil hit ke-101?

  • BERKALI-KALI HARUS TERPAKSA NINGGALIN MIMPI TAPI BUKAN KARENA DIRI GA MAMPU, LEBIH KE FAKTOR LAINNYA?

gapapa bro, ga semua hal yang ada di dunia ini buat lu. porsi lu udah ditentuin. mungkin mimpi lu bukan buat lu wujudkan. tapi buat lu jadikan pembelajaran,

lagian semua skenario itu tuh adanya di kepala lu doang. segala macem mimpi yang menurut lu sanggup lu capai, cita-cita yang mampu lu wujudkan, semua adanya di kepala lu doang bro.

udah lah, jadi apa yang lu bisa aja. yang lu mau kan bukan berarti yang terbaik.

  • GIMANA KALO ADA ORANG YANG CUMA BUTUH KETAWA BARENG ANDA TAPI GA PEDULI SIAPA ANDA ASLINYA.

BAGUS!!

justru itu yang gua cari, orang buat ketawa bareng-bareng tanpa peduli kita semua ini asli apa palsu.

yang penting ketawanya tulus.

  • MOST UNLIKELY RELATIONSHIP (FRIENDS, LOVERS, ETC) THAT ENDED UP BEING SO STRONG?

sejauh ini belum kejadian. kayaknya selalu ada intuisi yang bilang “ini ngga nih bro”

dan itu lumayan sering, sehingga itu jadi benteng gua untuk gak berlanjut lebih jauh dan jadi, yaudah, lu-lu gua-gua, gak akan bisa jadi kita.


begitu kira-kira, ada pertanyaan lain?

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s