2018: Kilas Balik

berikut adalah ringkasan hidup saya selama 2018:

JANUARI

jatuh sendiri, ke rumah sakit sendiri. sungguhlah anak yang mandiri

jatuh dari motor untuk yang ke sekian kalinya. Berkesan sekali karena jatuhnya tepat di hari ulang tahun saya. jatuh kali ini souvenirnya robek di ujung alis dan di bawah hidung. lumayan bikin pertanyaan di kantor karena selama dua minggu muka saya penuh perban. (motornya gimana?! gapapa?!) tenang aja. dia lebih kuat dari pada saya. lecet dikit, santai.

FEBRUARI

mengutarakan sesuatu pada seseorang yang efeknya ternyata berlarut-larut sepajang tahun. sialan. tapi diselamatkan dengan mengikuti proyek #seninmenuliskebaikan yang digagas oleh theoresia rumthe dan weslly johannes. sepanjang bulan menulis kebaikan rasanya menenangkan.

MARET

foto standar pelancong amatiran.

achievement unlocked 1: naik pesawat.

achievement unlocked 2: pergi ke luar negeri.

dimandatkan kantor untuk dinas ke bangkok selama enam bulan. sekali-kalinya pergi jauh dari rumah, jauhnya banget-bangetan. dapet banyak pengalaman baru, kesempatan mengembangkan diri, belajar banyak hal terutama belajar jadi minoritas dan akhirnya jadi semakin menghargai perbedaan.

APRIL

bangkok, be nice.

berhasil menghapal cara mengucapkan angka satu sampai sepuluh dalam bahasa thailand, serta sedikit kalimat percakapan singkat. sebuah ilmu yang jarang sekali dipraktekkan karena ternyata susah sekali mengerti percakapan mereka. setiap ngelempar kalimat, selalu panik karena ga bisa balesnya.

MEI

nyari takjil sampe thailand.

sudah dibaptis, berikut adalah nama thailand saya: อจิ คุซมาร์โตโน่. kalau kata google translate cara bacanya itu: Xci khu smār to nò. aneh banget.

di bulan ini mendapatkan pengalaman baru lagi dalam hidup. puasa di luar indonesia dan jauh dari rumah. (berat ga?) ngga sih, biasa aja. udah biasa laper soalnya, ehehe. lagi pula orang-orang di bangkok cukup suportif kok, seperti nanyain “lu udah boleh makan belum?” setiap jam. dan berbagai pertanyaan akidah yang selalu saya jawab dengan “lu gugling aja dah mendingan.”dan karena saya juga ga minta mereka untuk ga makan di depan saya, ya mereka cuek-cuek aja seliweran makan minum di depan muka saya. lumayan nambah saldo pahala.

terus sempat mampir ke kedutaan Indonesia di bangkok untuk menghadiri acara buka puasa bersama yang artinya ALHAMDULILLAH NEMU KOLAK SAMA GORENGAN!

JUNI

video call sama orang rumah. duh, LDR berat ternyata.

lebaran pertama di luar negeri, sendirian, seperti serigala yang terpisah dari rombongannya dan menemukan tumpukan daging rusa di tengah jalan, saya liar sekali makan segala macam makanan Indonesia yang disediakan pihak kedutaan. ya, maklumin saja, setiap hari buka puasanya pakai telur-ayam-telur-ayam saja. sekalinya ketemu rendang dan opor jadi kalap.

durasi lebaran di bangkok cukup singkat, sholat jam delapan, makan-makan sampai jam dua belas siang, terus udah pada bubar aja gitu, termasuk saya, ehehehe.

JULI

ID card yang desainnya ga ganti-ganti dari 4 tahun lalu.

pulang sebentar ke indonesia untuk mengurus ini dan itu sekalian menghadiri acara tahunan hammersonic yang sudah empat tahun belakangan saya ikut terlibat di keriuhan belakang panggungnya. tadinya ga dijadwalin untuk pulang, tapi ternyata karena satu dan lain hal, maka dadakan disuruh pulang dulu. YAUDAH SEKALIAN AJA, hehehe.

paling tidak sudah turut serta dalam pagelaran tiap tahun meskipun tahun ini saya ga dapet tugas seperti tahun lalu karena ga ikut briefing dan ngasih tahunya dadakan, jadinya saya ditempatkan untuk ngurusin segala rupa. tapi santai aja.

AGUSTUS

memantai.

setelah beberapa bulan di bangkok setiap weekend hanya diisi dengan pergi naik kereta udara dan kereta bawah tanah untuk mengunjungi beberapa pasar malam yang terkenal seperti chatuchak, rod fai (train market), JJ Green, sama apa lagi ya? lupa. akhirnya saya ke luar kota juga, pergi ke hua hin dalam rangka mau main ke pantai. ya, paling ngga kalau saya ditanya udah ke mana aja, saya bisa bilang tempat lain selain kantor dan pasar malam.

lalu mengurus izin kerja di kantor imigrasi thailand dan dihadiahi izin kerja sampai 2020! waduuuuh, dari enam bulan kenapa jadi empat tahun??!!

SEPTEMBER

kelar nonton konser, ngobrol sambil ngebir. ini dia, nih.

bertemu seseorang, yang cara ketemunya termasuk dalam daftar pertemuan ideal menurut saya. di konser musik, sendiri, tahu nama band yang kaosnya sedang saya pakai, obrolannya nyambung, cuek. idaman sekali bukan? namun sayang, biasanya yang saya idamkan itu tidak mengidamkan saya, jadi ya sudahlah.

OKTOBER

bangkok team.

akhirnya pulang juga ke indonesia. kali ini for good, tugas di bangkok sudah rampung, sudah tidak ada hutang lagi. hutangnya pindah ke sini, dikasih tanggung jawab baru, kesibukan baru, dan jadwal meeting tambahan setiap harinya, ehehehe.

NOVEMBER

saying good bye is somehow easy, you know.

bulan yang berat, terutama soal pekerjaan. well, from a great power comes great responsibilities. sepertinya sih memang benar seperti itu ya. makin sibuk, makin berkurang merokoknya, makin berkurang jatah tidur siang colongannya.

tapi bulan ini juga jadi titik tolak sesuatu. sesuatu yang harus diubah. segera.

DESEMBER

percayalah.

mengambil keputusan terpenting 2018 di akhir tahun. semoga apa yang sudah diputuskan menjadi hal baik di kemudian hari.

ya, kira-kira begitulah rangkuman hidup saya selama 2018. ini juga merupakan tulisan penutup proyek ambisius saya yang akhirnya bisa diselesaikan tepat waktu juga meskipun sering tersendat. satu tulisan sehari selama satu tahun. LUNAS!

terima kasih untuk semua yang sudah repot-repot membaca tulisan saya ini. dan terima kasih juga untuk kamu yang sudah banyak menjadi inspirasi tulisan saya sepanjang tahun. terima kasih untuk isi kepala saya yang rela diperas setiap malam memikirkan apa-apa saja yang harus ditulis.

(365/365) fin~

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s